Postingan

Sekopi Sejiwa (Part 1)

Gambar
Memang benar kopi adalah pembuka insipirasi, kopi juga mengajarkan kepahitan yang bisa di nikmati, kopi adalah pemecah tawa saat kumpul bersama sahabat, dan kopi mengajarkan saya tentang pentingnya sebuah proses untuk hasil yang memuaskan. Saya sangat menyukai kopi nusantara hingga saya rela mempelajari kopi dan menyeduh kopi menggunakan alat. Bahkan jujur saja saya pernah menjadi seorang Barista di sebuah Coffeeshop dan keluar dari kantor demi rasa penasaran saya terhadap kopi, dari menyeduh kopi saya menemukan banyak pembelajaran tentang kesabaran, ketenangan dan ketulusan ketika kita menyuguhkan secangkir kopi kepada orang lain, dari kopilah saya menemukan banyak orang-orang yang memang pencinta kopi juga, dan dari banyaknya pertemuan merekalah salah satu yang terbaik.

Namanya Carakumbala mereka sudah berteman sejak lama, mereka juga penikmat alam dan tentunya mereka juga pencinta musik-musik yang beraliran indie folk seperti saya. awal pertemuan kita di mulai dari Oki yang mengaja…

BIR PELETOK MINUMAN KHAS BETAWI

Gambar
"Dari pulogebang ampe cibitung, Bawa sawi ampe keranji. Kite malu ama arwah Bang Pitung Ngaku Betawi kaga bisa ngaji" Seperti yang kita ketahui bahwa mayarakat Betawi sangat memengang ajaran islam dengan baik, dimana Solat dan mengaji adalah hal utama, di samping itu masyarakat Betawi sangat menghindari maksiat seperti minum-muniman keras. Nah kali ini saya akan menceritakan nih sejarah dari minuman khas betawi yaitu " BIR PLETOK" yang sangat menarik, dimana banyak masyarakat yang tidak tahu tentang Bir Pletok bahkan tidak pernah mencoba, sehingga masyarakat awam ketika mendengar kata Bir Pletok pasti berfikir bahwa minuman ini adalah minuman beralkohol.


Minuman ini lahir pada masa Belanda dimana masyarakat Betawi sangat geram dengan tingkah laku Belanda yang sering pesta pora dan selalu mabuk mabukan, di setiap pestanya pasti ada Bir atau Wine yang menemai mereka, sehingga hal itu membuat masyarakat Betawi risih namun iri, Masyarakat Betawi pada masa itu juga ingin m…

Jangan Remehkan Kakuatan Sunblock

Gambar
Siapa sih yang gak suka liburan ke Pantai atau ke Pulau, senorking, main pasir dan banyak deh aktivitas asik yang bisa kita lakukan di Pantai, apalagi kamu yang udah strees dengan kesibukan sehari-hari, ya cocok bangetlah liburan ke Pantai atau Pulau. Nah buat kalian yang tinggal di Jakarta kemana lagi sih kalau bukan ke Kepulauan Seribu, Destinasi yang menjadi Bali Baru ini sekarang menyimpan sejuta pesona alam loh...
Sejak 2013 saya sering banget berkujung untuk liburan ke Pulau Seribu saking serinya sampai saya punya banyak teman di sana, dan 5 - 6 Mei 2018 saya di percaya menjadi Tour Guide salah satu perusahaan yang mengadakan Getring di Pulau Pramuka "Alhamdulilah liburan sambil Kerja hihi".

Saking Seringnya main di pantai sampai saya tuh suka meremehkan matahari pantai, dan emang kebetulan juga sih lupa bawa Sunblock,  ahirnya ketika Snorking saya ga pakai Sunblock membiarkan tubuh saya terpapar sinar matahari. Kami Mulai Snorking dari Jam 09:00 sampai Jam 15:00 suhu…

Menelusuri Pesisir Jakarta - Muara angke

Gambar
Kali ini saya mendapat tugas untuk meneliti sebuah pembangunan di Jakarta, entah mengapa saya berfikir tentang pesatnya pembangunan di Muara angke, tempat dimana saya biasa berwisata kuliner dengan keluarga ataupun teman-teman, tempat saya membeli ikan dan saya juga biasa menuju ke Kepulauan seribu melalui Muara Angke, ya karena itu sehingga saya hafal betul bagaimana transformasi Muara Angke dari yang dulunya kurang nyaman, hingga sekarang jauh lerlihat lebih nyaman, di tunjang dengan pembangunan di sekeliling dan transportasi yang lebih mudah untuk menuju Muara Angke.

Muara Angke merupakan pusat bisnis yang hebat dimana kalian akan merasakan betapa sibuknya wilayah ini mulai pagi hingga pagi kembali, kalian juga akan melihat kapal-kapal besar milik para nelayan yang menurunkan hasil ikannya dari kapal, kemudian ikan itu bisa langsung di jual di pasar ikan dengan segar yang berada di dalam Muara Angke, pastinya pemandangan ini sangat langka kita temui di jakarta.
 Sejak berpuluh-pulu…

Keindahan Pulau Purba Satonda

Gambar
Sebelumnya di blog saya, saya pernah menceritakan tentang Pulau Satonda, namun entah kenapa saya sangat ingin menulis tentang pulau tersebut, yang menurut saya sangat luar biasa, baik keindahan pulaunya, Danau air asinnya, Sejarahnya serta Misterinya.
Nah kali ini saya akan mencoba berbagi pengalaman saya ketika saya berkunjung ke Pulau Satonda yang berada di Dompu Bima - Nusa tanggara barat.
"mengapa saya bisa mengunjungi Satonda? " karena pada April 2017 saya menuju Labuan Bajo melalui Lombok sehingga kapal saya bisa menepi di pulau-pulau indah salah satunya pulau Satonda yang berada di Bima NTB. jujur saya juga belum pernah mengetahui tentang keberadaan pulau ini namun saya sangat penasaran.


Akhirnya sampai juga saya dan teman-teman ke Pulau ini, pulau yang sangat sepi hanya terlihat beberapa Bapak-Bapak yang sedang asik ngobrol di bawah pohon yang ada di pulau ini, sepertinya mereka merupkan pengurus pulau ini, sayapun tidak melihat pengunjung lain selain saya dan teman-…

Istano Basa Pagaruyung membuat ambo seperti kemabali di Zaman Kerajaraan Minangkabau

Gambar
Siapa yang suka masakan padang hayooo...? nah kali ini gue berkesempatan untuk mengijakan tanah minangkabau yang pastinya banyak nasi padang di situ hehe. betulan tahun ini acara Jambore pemuda Indonesia (JPI) 2017 di adakan di kota Sawahlunto –Sumatra Barat, buat yang gak tau JPI itu apa coba deh kalian cari tahu “Mbah Google” karena acara yang di selenggarakan Kemenpora itu sangatlah bagus, dimana perwakilan pemuda pemudi senusantara di satukan dalam acaranya tersebut, Alhamdiliah 2013 gue di beri kesempatan untuk mewakili DKI Jakarta di kegiatan tersebut, alhasil setiap kegiatan JPI yang di selenggarakan setiap tahun dan berpindah-pindah provinsi, gue usahakan untuk datang ke moment tersebut Cuma pengen Reuni dengan teman teman senusantara gue. Kebetulan lagi di padang sayang dong gak explor padang, tapi kerena excitednya acara JPI tersebut dan padetnya acara itu membuat waktu kita untuk explor padang menjadi susah, “ nah kebetulan kita punya beberapa jam untuk explor, dari lokasi…

Tempat Asik buat Ngecamp di pulau Bangka - Pantai Tanjung Berikat

Gambar
Awal tahun 2018 gue awali dengan ngetrip ke sebuah provinsi di Sumatra yaitu Bangka Belitung, banyak yang belum mengetahui bahwa Bangka Belitung terbagi dua yaitu Pulau Bangka dan Pulau Belitung, nah Bangka dengan 6 Kabupaten dan 1 Kota sedangkan Belitung hanya dua Kabupaten saja, jarak kedua pulau tersebut lumayan jauh bahkan harus menggunkan Pesawat atau Kapal selama 3 jam dengan biaya yang lumayan mahal. kali ini gue ngetrip ke pulau Bangka, mungkin yang banyak kalian ketahui hanyalah Belitung karena filem "Laskar Pelangi" yang adanya di pulau Belitung, bukan pulau Bangka. So gue sama temen sekantor gue yang bernama Syahrul  memutuskan untuk cuti dan berlibur ke Bangka "Ceritanya anti Mainstrem" soalnya lebih banyak orang yang liburanya ke Belitung aja.
       Beruntungnya gue mempunyai sahabat yang memang stay di bangka namanya Puspita (Maco) dan Fitri mereka adalah dua wanita hijab yang asik banget dan pastinya strong, kenapa gue bilang strong karena mereka b…