Keindahan Pulau Purba Satonda

Sebelumnya di blog saya, saya pernah menceritakan tentang Pulau Satonda, namun entah kenapa saya sangat ingin menulis tentang pulau tersebut, yang menurut saya sangat luar biasa, baik keindahan pulaunya, Danau air asinnya, Sejarahnya serta Misterinya.
Nah kali ini saya akan mencoba berbagi pengalaman saya ketika saya berkunjung ke Pulau Satonda yang berada di Dompu Bima - Nusa tanggara barat.
"mengapa saya bisa mengunjungi Satonda? " karena pada April 2017 saya menuju Labuan Bajo melalui Lombok sehingga kapal saya bisa menepi di pulau-pulau indah salah satunya pulau Satonda yang berada di Bima NTB. jujur saya juga belum pernah mengetahui tentang keberadaan pulau ini namun saya sangat penasaran.

Selamat datang di Pulau Satonda - Dompu Bima

Akhirnya sampai juga saya dan teman-teman ke Pulau ini, pulau yang sangat sepi hanya terlihat beberapa Bapak-Bapak yang sedang asik ngobrol di bawah pohon yang ada di pulau ini, sepertinya mereka merupkan pengurus pulau ini, sayapun tidak melihat pengunjung lain selain saya dan teman-teman. Yang menarik di pulau ini adalah adanya danau yang berada di tengah pulau, danau tersebut juga memiliki kadar air yang lebih asin dari pada air laut, dan menurut Tour guide kami danau satonda ini merupkan bekas kawah gunung api yang bahkan lebih tua dari pada gunung Tambora sehingga banyak yang mengatakan bahwa pulau ini merupakan pulau purba.
 Karena letusan Gunung Satonda yang mengakibatkan tsunami sehingga menghantarkan air laut ke danau ini sehingga kadar air danau ini lebih asin dari pada air laut, sayapun mencoba meminumnya dan bebarapa teman saya berenang di danau tersebut namun karena rasa asinya membuat mata menjadi sakit.
" Sejenak beristrihat menghirup udara yang jauh dari polusi, dengan keindahan danau serta bukit-bukit di sekelilingnya membuat saya sangat merasa tenang ada di danau ini, sangat cocok untuk meditasi dan menenangkan diri, namun jangan sedang patah hati soalnya berada di sini membuat rasa melow dan baper heheh ".
"Nah ada hal yang menarik lagi berada di pulau ini, jadi di tepi danau kita akan melihat pohon yang berbuah batu, dan ternyta pohon yang berbuah batu tersebut di percaya apabila kita menggantungkan batu di pohon tersebut, sambil berdoa dalam hati, doa kita akan terkabul hehehe".

Tidak hanya danaunya yang menarik namun tepi pulau dan alam bawah laut di Satonda juga indah loh, tak perlu jauh-jauh sampai ke tengah laut untuk dapat menikmati bahwah laut yang indah sekitar 100 meter dari tepi pantai kita bisa langsung Snorkling ataupun diving melihat trumbu karang di pulau ini
Kehidupan bawah laut di Pulau Satonda 






Untuk dapat mengunjungi pulau ini ada berbagai macam cara, kalian bisa menggunkan jalur darat selama 8 jam dari Sumbawa Besar menuju desa Nangamiro kemudian dari pelabihan Nangamiro kalian mengunkan perahu kecil kurang lebih sejam dengan tarif  Rp. 25.000 - Rp 30.000, kalian juga bisa dari Dompu Bima namun tetap menyebrang dari Nangamiro, atau kalian bisa seperti saya yang memang Sailing ke labuan Bajo dan mampir ke pulau indah ini, Sungguh beruntungnya saya bisa mengunjungi tempat ini selain keindahan alamya, saya juga dapat mengetahui sedikit sejarah di Pulau Satonda ini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RINJANI ( perjalanan patah hati )

Istano Basa Pagaruyung membuat ambo seperti kemabali di Zaman Kerajaraan Minangkabau

Asiknya Sailing ke Labuan Bajo melalui Pelabuan Lombok